Info Lowongan Kerja untuk S1 (Sarjana)

7 Tips untuk Memulai Mencari Kerja bagi Lulusan Baru

Saat ketika baru lulus adalah waktu yang membahagiakan bagi sebagian besar orang, hal ini dapat dimasukkan sebagai salah satu pencapaian besar dalam kehidupan kita. Namun setelah lulus kita dihadapkan pada dunia kerja yang penuh dengan persaingan baik untuk yang baru lulus maupun yang telah berpengalaman. Untuk membantu para pencari kerja baru, berikut 7 tips yang dapat digunakan sebagai acuan:

1. Gunakan Fasilitias Career Development Center (CDC) dari Kampus Anda
Banyak mahasiswa yang tidak menyadari manfaat yang dapat mereka terima apabila mereka mengunjungi CDC di kampus mereka, padahal salah satu fungsi utama dari CDC adalah untuk memberikan bantuan bagi mahasiswa yang akan lulus. Salah satu manfaat terbesar adalah mahasiswa dapat bertemu dengan konsultan karir dan dapat menerima bimbingan yang membantu mahasiswa untuk lebih fokus dan mantab menentukan pilihan karir setelah lulus dari universitas.

2. Perbaiki Resume (CV) dan Sesuaikan Surat Lamaran Anda
Ini terdengar seperti hal yang wajar dilakukan, namun banyak pencari kerja yang jarang meluangkan waktu untuk membuat CV dan lamaran mereka agar terlihat semaksimal mungin. CV kita harus menyediakan informasi terbaru tentang diri kita dan pencapaian yang kita raih kepada perusahaan yang kita lamar. Setiap surat lamaran yang kita buat harus kita sesuaikan untuk setiap posisi yang kita lamar. Ketika anda kurang yakin akan hasil yang dibuat, anda dapat berkunjung ke CDC atau tempat konsultasi karir untuk mendapatkan bantuan.

3. Buatlah Akun di Website Networking Professional seperti Linkedin
Lebih dari 260 juta profesional menggunakan Linkedin untuk membuat iklan lowongan kerja atau melamar untuk suatu lowongan. Kamu tidak hanya bisa melamar pekerjaan,  namun juga bisa berhubungan dengan profesional lainnya untuk membantu kamu.

4. Berkonsultasilah dengan Keluarga dan Teman
Berbicara tentang networking, anda sebaiknya tidak melupakan orang yang telah anda kenal: keluarga dan teman anda. Keluarga anda yang telah telah terhubung dengan masyarakat mungkin mengetahui informasi tentang pekerjaan atau orang yang bisa membantu anda. Teman juga dapat membantu anda dalam memilih perusahaan dan posisi apa yang baik untuk dilamar.

5. Selesaikan Program Magang sebelum Anda Lulus
Anda sebaiknya mengikuti program magang yang disediakan kampus sebelum anda lulus. Beberapa pekerjaan, seperti Jurnalisme, lebih menyukai pelamar yang telah menyelesaikan magang sebelum dia lulus kuliah. Magang tidak hanya memberikan pengalaman bekerja pada bidang industri tersebut, namun juga meluaskan networking anda yang di masa depan dapat membantu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

6. Pertimbangkan Bekerja Sementara di Perusahaan dengan Sistem Kontrak
Setelah anda lulus, pastinya ingin mendapat pekerjaan dengan cepat dan menjadi pegawai tetap, namun bila pekerjaan tetap sulit didapatkan, anda bisa memulai dengan sistem kontrak di sebuah perusahaan. Cara seperti ini dapat menawarkan anda posisi sebagai karyawan tetap apabila hasil kerja anda terlihat bagus. Walaupun nantinya keluar dari perusahaan itu, anda bisa mendapatkan networking dengan orang-orang di dalam organisasi tersebut yang dapat membantu anda untuk mencari pekerjaan lainnya.

7. Jangan Membuang Waktu Setelah Lulus
Walaupun sepertinya sangat menggoda untuk beristirahat dan bermain-main setelah lulus kuliah, sangat penting untuk menghabiskan waktu dengan segera memulai mencari kerja. Mencari kerja seharusnya menjadi pekerjaan tetap anda setelah lulus. Semakin sedikit waktu yang anda gunakan untuk bermain setelah lulus, maka anda akan semakin mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan minat anda. Gunakan semua tips di atas dan anda akan mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang singkat. Semakin banyak waktu yang anda gunakan semasa kuliah untuk mempersiapkan mencari kerja, maka semakin baik hasil yang anda dapatkan ketika telah lulus kuliah dan memulai karir anda.

(LokerSatu/ Sumber)
0 Komentar untuk "7 Tips untuk Memulai Mencari Kerja bagi Lulusan Baru"

Back To Top